mumun's blog

mencari dan memberi yang terbaik

 

Tips-Tips Tinggal di Asrama TPB IPB

 

Tips-Tips Tinggal di Asrama TPB IPB,

Kehidupan asrama bagi sebagian orang merupakan hal yang menakutkan. Tapi tidak dengan asrama TPB IPB, rasanya jauh sekali asrama tpb ipb ini dengan bayangan asrama secara umum dan berbagai berita tentang asrama yang diperuntukkan bagi mahasiswa. Tidak fair rasanya kalu tidak melihat secara langsung dan merasakan bagaimana tinggal diasrama. Bagi mahasiswa baru, hal ini menjadi hal yang menegangkan sekaligus dapat mengernyitkan dahi. Tapi..jangn takut dulu, agar kamu siap untuk tinggal diasrama tpb ipb, berikut adalah tips-tips yang dapat kamu lakukan sebelum tinggal diasrama.

Tips-Tips Tinggal di Asrama TPB IPB,

Kehidupan asrama bagi sebagian orang merupakan hal yang menakutkan. Tapi tidak dengan asrama TPB IPB, rasanya jauh sekali asrama tpb ipb ini dengan bayangan asrama secara umum dan berbagai berita tentang asrama yang diperuntukkan bagi mahasiswa. Tidak fair rasanya kalu tidak melihat secara langsung dan merasakan bagaimana tinggal diasrama. Bagi mahasiswa baru, hal ini menjadi hal yang menegangkan sekaligus dapat mengernyitkan dahi. Tapi..jangn takut dulu, agar kamu siap untuk tinggal diasrama tpb ipb, berikut adalah tips-tips yang dapat kamu lakukan sebelum tinggal diasrama.

1. Siapkan diri untuk mandiri

Bagi sebagian orang yang terbiasa dirumah dan jarang jauh dengan orang tua, tentu akan kaget dan merasa kangen dengan rumah. Hal itu biasa dan akan dialami setiap orang. Namun, bagi sebagian orang menjadi hal yang biasa dan menantang. Yakin dech perasaan itu hanya terjadi di bulan-bulan awal saja, selebihnya kamu akan merasa enggan untuk berpisah dengan teman-teman kamu yang telah kamu kenal dan kamu akan merasa kerasan untuk tinggal bersama teman-teman.

2. Membawa perlengkapan yang dibutuhkan,

Bagi kamu yang baru pertama kali tinggal jauh dari orang tua, harus dipahami dulu bahwa asrama bukanlah rumah tetapi harus tinggal senyaman seperti dirumah. Asrama itu berbeda loh dengan rumah. Jika di rumah kamu bisa bermanja-manja, nonton tv sepuasnya atau apa gitu, tapi diasrama kamu akan belajar bagaimana hidup bersama-sama dan belajar menghargai orang lain. Asrama juga terasa atau tidak terasa akan membangun empati terlebih IPB terkenal dengan mahasiswanya dari berbagai daerah baik kota maupun desa, dari ujung timur sampai ujung barat, dan ada dari luar negri lho. BIar kamu ringkas dan gesit, tidak setiap barang dapat kamu bawa, berikut adalah perlengkapan yang dapat kamu bawa :

  • Perlengkapan kuliah (buku, alat tulis, tas, dll)
  • Perlengkapan pribadi (baju, celana, rok, jilbab, dll. make up,  bagi yang suka bersolek, oh iya bawa juga selimut, kalau malem suka dingin lho, tapi kalo siang panas banget-rasanya bogor kota hujan telah beralih dech sekarang, tapi tetep kamu harus bawa payung dan jas hujan)
  • Perlengkapan cuci (ember, gayung, sabun, dll. Buat kamu yang gak mau tangannya rusak ataupun kapalan diasrama juga ada bibi cuci or laundry loh.)
  • Perlengakapan tidur (sprei, bantal, guling, ato boneka kamu yang setia menemani kamu asal jangan binatang peliharaan kesayangan kamu aja, karena kasihan bagi teman kamu yang alergi binatang… hehehe..)
  • Jangan lupa juga bawa berkas-berkas akademik yang diperlukan, hal ini penting buat kamu yang akan mencoba mencari beasiswa (di IPB itu banyak banget loh jalur-jalur beasiswanya, bahkan ada pula yang kuliahnya gratis karena dapet beasiswa, jadi jangan minder dan gak PD karena keadaan ekonomi)

Barang-barang yang tidak boleh dibawah, yaitu : Peralatan elektronik seperti heater, rice cooker, kipas angin, TV, kompor listrik (ni pindahan atau apa ya?) kalo charger HP boleh donk, laptop juga boleh kalian bawa asalkan diregistrasikan di BPA dan digunakan hanya untuk akademik!

Buat kamu-kamu yang punya kendaraan (ex: motor dan mobil), kendaraan kamu sebaiknya disimpan dirumah saja. Di kampus IPB ada bis kampus kok, dan ada sepeda kampus, lagi pula dengan berjalan kaki pun kamu bisa sampia dikampus. Mari bersama jadikan IPB kampus sehat dan kampus peduli lingkungan.

Rinciannya sebaiknya kamu bisa baca tata tertib aja ok!

3. Bertanya sebanyak-banyaknya

Pepatah mengatakan malu bertanya sesat dijalan, banyak bertanya jadi banyak tahu, betul gak?. Tentang pencarian informasi pastikan kamu dapat informasi langsung dari sumbernya. Jika mau tahu tentang asrama, tanyakan saja kepada pengurus asramanya, bukan sama pedagang bakso (gak nyambung ya…). Kamu juga harus bisa menyaring berbagai informasi tentang kehidupan berasrama, karena tidak setiap informasi yang kamu dapatkan adalah benar dan shahih (ngutip orang arab sedikit), lebih baik kamu bertanya langsung pada pengelola asramanya, jangan hanya mengandalkan info dari kakak kelas yang mungkin hanya sedikit saja dan tidak menyeluruh, atau mungkin juga informasinya kurang objektif.

4. Terbuka pada teman dan berteman dengan sebanyak-banyak orang

Tinggal di asrama membutuhkana keterbukaan dan kepercayaan pada teman. Keterbukaan akan mempermudah dalam bersosialisasi. Tanpa teman, hidup ini terasa hampa, hidup ini serasa terasing dalam dunia sendiri, jadi buat kamu mahasiswa baru, asrama merupakan tempat yang tepat membuat teman sebanyak-banyaknya, karena sulit ketika kamu sudah berada di luar asrama untuk membuat teman. Jaringan pertemanan itu sangat bagus lho untuk memperluas jaringan. Kapan lagi kamu bisa berkenalan dengan orang-orang dari daerah lain, kapan lagi kamu bisa mengenal kebudayaan dari daerah lain.

5. Belajar untuk dapat bertoleransi dan menghargai

Di asrama itu menuntut kamu bertoleransi dan menghargai. Kalau kamu ingin dihargai cobalah untuk belajar menghargai orang lain. Kamu tentunya tidak mau kalo kamu menjadi orang yang selalu dimusihi dan menjadi orang yang ditakutin bagi orang lain….

6. Dekat dengan kakak Senior resident diasrama

Yang ini penting neh. Di asrama TPB IPB ada namanya Senior Resident yaitu kakak tingkat yang akan membantu teman-teman semua dalam proses adaptasi di dunia kampus. Eit.. jangan takut dulu, kakak tingkat ini berbeda dengan yang ada di benak teman-teman semua. Senior Resident atau SR ini dipilih dari sekian banyak mahasiswa IPB  dengan seleksi yang ketat, mereka berprestasi, aktif di kegiatan kemahasiswaan, kompeten dan tentunya baik banget. SR ini nantinya akan menjadi pengganti kakak kamu dirumah, kamu bisa konsultasi akademik maupun non akademik, berbagi cerita dengan sr, kamu juga bisa curhat. SR akan membatu kamu ketika kamu sakit, ia adalah orang yang akan senantiasa siap melayani kamu di setiap kamu butuh, karena tugasnya seperti itu.

7. Ikuti program-program yang telah disusun BPA

Nah ini salah satu yang penting lagi… di srama kamu akan dibekali dengan berbagai soft skill. Hal ini tidak bakal kamu dapatkan diasrama-asrama lain. Kamu akan dibimbing dengan yang namanya Program Pembinaan Akademik dan Multibudaya atau PPAMB. Program ini akan membantu kamu mengakselerasi kemampuan dasar kamu sehingga melejit dan cemerlang. Tapi tetap kamu kamu harus bisa memotivasi diri kamu sendiri hingga kamu dapat benar-benar optimal dan merasakan manfaatnya. Disini kamu akan belajar mengorganisasikan diri kamu dan belajar mengorganisasikan orang lain.

8. Pahami dan patuhi segala tata tertib dan norma  yang berlaku di asrama,

Tips penutup kali ini adalah kamu harus dapat memahami, mematuhi dan melaksanakan tata tertib yang berlaku. Peraturan itu dibuat agar setiap penghuni merasa nyaman dapat hidup bersama. Tentunya tidak etis teriak-teriak di malam hari ketika orang lain akan tidur, misalnya. Betul tidak?

 

No Responses to “Tips-Tips Tinggal di Asrama TPB IPB”

 

Leave a Reply